SsV World
Welcome To SsV World Forum !
Feel Free To Register !

Thanks


Iqbal Rizki Elyazar-2011
 
HomeIndeksPendaftaranFAQPencarianLogin

Share | 
 

 Tips Puasa Bulan Ramadhan

Go down 
PengirimMessage
Iqbal Rizki Elyazar
SsV Donatur
SsV Donatur
avatar

Jumlah posting : 56
Alpukat : 11000111
Join date : 15.01.11
Age : 22
Lokasi : Bogor,di atas tanah

PostSubyek: Tips Puasa Bulan Ramadhan   Wed Jul 20, 2011 5:35 pm





Menjelang ibadah puasa yang dateng bentar lagi,di sini gw mau nge rangkum aja tentang puasa & tips nya.
Langsung aja,

1.Tips Puasa Tanpa Bau Mulut.

Meskipun bau mulut orang berpuasa bagi Allah lebih harum dari minyak kasturi, bukan berarti kita bebas menebarkan bau mulut kepada orang lain. Ada beberapa jenis tanaman yang cocok untuk mengatasi bau mulut dan bau badan. Tanaman itu mengandung bahan aktif berbau segar dan bermanfaat mematikan atau mengendalikan pertumbuhan bakteri serta memberikan bau harum bagi tubuh agar mulut kita tidak berbau saat sedang berpuasa.

-Bahan: 2 jari kunyit, gula aren secukupnya, 1 gelas air.

Cara membuat: Kunyit dicuci bersih lalu diparut dan diremas dengan air. Setelah itu tambahkan gula aren, kemudian aduk-aduk hingga rata. Selanjutnya campuran ini diperas atau disaring. Air perasan diminum sekaligus pada malam hari menjelang tidur. Lakukan hal ini selama beberapa hari.

-Bahan: 5 helai daun sirih, 3 gelas air.

Cara Membuat: Daun sirih yang telah dicuci bersih direbus dengan air bersih hingga mendidih selama 15 menit. Biarkan rebusan air hingga dingin dalam keadaan tertutup. Gunakan rebusan air sirih untuk kumur-kumur sebanyak 3 kali sehari. Setiap kali kumur, gunakan 2 sendok makan. Lakukan hal ini hingga beberapa hari.

2.Jangan Tinggalkan Olahraga

Menjalankan puasa bukan berarti berhenti total berolahraga. Justru aktivitas fisik tetap dibutuhkan untuk menjaga kelancaran peredaran darah agar kita tidak mudah loyo.
Namun untuk urusan ini pilih olahraga ringan yang tak membutuhkan energi berlebih, seperti lari-lari kecil atau jalan kaki. Sebaiknya lakukan olahraga menjelang waktu berbuka.
Tarawih selain ibadah juga sebagai sarana menjaga kebugaran
jasmani karena saat melakukan sholat tarawih sama dengan membakar kalori.

3.Ingat batasi mengkonsumsi makanan berlemak tinggi, terlalu pedas, makanan kalengan, daging olahan dll di bulan suci Romadhon
4.Perbanyak mengkonsumsi buah-buahan segar saat berbuka atau sahur. Perbanyak minum air putih

Di saat Berbuka Puasa:
1. Jangan menunda waktu berbuka puasa

2. Berbukalah dengan makan kurma, atau buah-buahan dan minumlah air putih.

3. Jangan bebruka dengan yang manis-manis. Kecuali manis yang keluar dari buah-buahan.

Yang saya baca dari artikel2 di milis2, justru sebenarnya kurma yang asli tidaklah terlalu manis sebagaimana halnya kurma yang sampai di Indonesia. Kurma di Indonesia terasa sangat manis karena sudah menjadi manisan kurma. Barangkali karena di Indonesia kurma itu manis, maka orang2 menganjurkan untuk bebruka dengan yang manis-manis. Mudah-mudahan hal ini bisa menjadi koreksi bagi kita semua.

4. Tidak baik berbuka dengan makan kolak. Selain sudah manis karena pisang, juga banyak campuran lain yang menambah manisnya kolak, misalnya gula dan santan. Alangkah baiknya jika pisang segar di makan tanpa kolak.

5. Jangan berbuka dengan minum es. Minum es mampu menahan rasa lapar, sehingga kita kehilangan selera untuk menyantap makanan yang bergizi.

6. Makanlah makanan berbuka secara bertahap. Setelah minum segelas air putih atau makan kurma, pergilah shalat maghrib. Barulah 15 menit kemudian (perkiraan waktu selesai shalat maghrib) makan-makanan yang lebih ‘berat’, misalnya kolak, nasi atau panganan yang lain.

7. Berhentilah makan sebelum kenyang. Seperti yang dikatakan Rasulullah, porsi perut kita untuk menampung makanan adalah sepertiga angin, sepertiga air, dan sepertiganya berupa makanan.

Di saat mempunyai kekasih,hal yang harus di jauhi yaitu:

1.JANGAN BERSENTUHAN,inti puasa kan menahan hawa nafsu,jadi tahan lah nafsu kamu-kamu buat nyentuh pacar kamu…(wajib..)

2.HINDARI KEGOMBALAN,Ini nih, ada pantangan yang dilanggar dalam puasa ketika kamu melakukan ritual bujuk rayu. Biasanya cowok2 nih yang paling doyan. Pantangan yang di langgar adalah:
- berbohong (bujuk rayu rentan banged dengan yang namanya kebohongan. pacar jelek di bilang cantik,pacar gemuk di bilang langsing..jiaaah gubrak!! Daripada gitu mending alihin tema pembicaraan kamu dengan tema kemanusiaan(asal jangan ngomongin orang).

3.SERIUS PADA PUASA,jadikan momen ramadhan ni sebagai momen untuk membawa hubungan kalian ke arah serius,,jangan di situ2 ajah..jangan biarkan syaiton berkutat dalam hubungan kalian .

4.JAUHI BERDUAAN DENGAN SI DOI,Kalo ada orang yang berdua-duaan maka yang ke tiga itu adalah syaiton..naah agar nafsu tetap terjaga maka kurangilah frekuensi berduaan.ato sebisa mungkin di hindari.biasanya anak muda zaman sekarang pinter2,modus berdua-duaanya canggih.ada tadarus berdua,pengajian berdua,buka puasa berdua,dan berdua-duaan yang lainnya.

Manfaat dari pusa selam 1 bulan PENUH yaitu:

1.Puasa: Pengaruhnya Pada Otak dan Pikiran
Puasa, apakah kita menyongsongnya dengan rasa bahagia karena masih diberi kesempatan untuk bertemu dengannya, atau kita merasa bahwa prestasi dan produktifitas kita akan terganggu?

2.Berpuasa Pro dan Kontra
Mungkin, ada puluhan atau bahkan ribuan referensi tentang berpuasa. Sebagiannya melihat berpuasa sebagai aktivitas yang positif dan bermanfaat, dan sebagian lagi melihat berpuasa sebagai aktivitas yang membahayakan kesehatan dan tidak berguna. Apa yang diuraikan berikut ini, hanya sedikit contoh. Namun demikian sekali lagi, baik pro maupun kontra ternyata keduanya bermuara pada hal yang sama.

3. Puasa Adalah Detoksifikasi
Berpuasa akan membersihkan (detoksifikasi) sistem tubuh dari berbagai racun yang terbentuk selama berbulan-bulan oleh pola makan yang buruk, lingkungan yang buruk, dan oleh emosi yang tersembunyi atau ditekan.

Dan yang terakhir...
Puasa Menjernihkan Otak

Seorang ilmuwan bernama Dr. Ehret menyatakan bahwa untuk hasil yang lebih dari sekedar manfaat fisik, yaitu agar mendapatkan manfaat mental dari aktivitas berpuasa, seseorang harus menjalani puasa lebih dari 21 hari.
Ilmuwan lain, yaitu Dr. E.A. Moras, mengatakan bahwa seorang pasien wanitanya telah menderita sakit mental selama lebih dari delapan bulan. Wanita itu telah berobat kesana-kemari termasuk ke para ahli saraf dengan hasil kurang memuaskan. Ia memintanya untuk berpuasa. Wanita itu mengalami perbaikan kondisi mental, dan bahkan dinyatakan sembuh setelah berpuasa selama lima minggu.
Di dalam otak kita, ada sel yang disebut dengan “neuroglial cells”. Fungsinya adalah sebagai pembersih dan penyehat otak. Saat berpuasa, sel-sel neuron yang mati atau sakit, akan “dimakan” oleh sel-sel neuroglial ini.
Albert Einstein, adalah orang yang dikenal senang berpuasa. Saat ia meninggal ia mendonasikan tubuh (dan otaknya) untuk ilmu pengetahuan. Para ilmuwan menemukan bahwa sel-sel neuroglial di dalam otak Einstein ternyata 73% lebih banyak ketimbang rata-rata orang. Dengan kata lain, otak dan pikiran Albert Einstein, dalam konteks ilmu pengetahuan, dinyatakan “sangat jernih”.

Sebuah paper oleh Dr. Ratey, seorang psikiaters dari Harvard, menyebutkan bahwa pengaturan dan pembatasan asupan kalori akan meningkatkan kinerja otak.
Dr. Ratey meriset mereka yang berpuasa dan memantau otak mereka dengan alat yang disebut “functional Magnetic Resonance Imaging” (fMRI). Hasil pemantauan itu menyimpulkan bahwa setiap individu obyek menunjukkan aktivitas “motor cortex” yang meningkat secara konsisten dan signifikan.

Ilmuwan lain, Mark Mattson, Ph.D., seorang kepala laboratorium neuroscience di NIH’s National Institute on Aging. Hasil risetnya menunjukkan bahwa diet yang tepat seperti berpuasa, secara signifikan bisa melindungi otak dari penyakit de-generatif seperti Alzheimer atau Parkinson.
Risetnya menunjukkan, bahwa diet dengan membatasi masukan kalori 30% sampai 50% dari tingkat normal, berdampak pada menurunnya denyut jantung dan tekanan darah, dan sekaligus peremajaan sel-sel otak.
Dengan kata lain, riset itu menunjukkan bahwa stress karena sedikit makan, akan menghasilkan adaptasi dalam metabolisme sel dan meningkatkan kemampuan individu untuk mengurangi stress.



Fenomena ; Kontra Puasa

Sebuah riset yang hasilnya mengkhawatirkan dampak berpuasa pernah dilakukan oleh Marc Montminy, M.D., Ph.D., seorang profesor di Clayton Foundation Laboratories for Peptide Biology. Ia mengatakan “If you take out a loan, sooner or later you’ve got to pay your debt, and the same is true in fasting metabolism.” Berpuasa itu seperti berhutang makanan dan energi. Cepat atau lambat hutang itu harus dilunasi.
Tubuh kita merespon puasa dengan bergeser dari kebiasaan menggunakan sumber energi beroktan tinggi, yaitu glukosa, ke sumber energi beroktan rendah, yaitu lemak. Sementara itu, otak kita kita sebenarnya lebih memilih untuk menggunakan sumber energi beroktan tinggi (ini sekali lagi menjelaskan mengapa berpuasa membuat pikiran kita menjadi “bolot”).
Dalam kondisi berpuasa, energi itu harus diciptakan sendiri (bukan dari makanan), yang bahan bakunya diambil dari otot. Proses ini disebut dengan “gluconeogenesis”. Proses ini bertujuan agar otak tetap bisa berfungsi normal dan mulus. Proses ini, menurut riset itu, harus terjadi dengan cepat dan sesegera mungkin dihentikan. Sebab jika tidak, akan terjadi pembuangan massa otot.

Dengan kata lain, berpuasa akan membuat seseorang menjadi semakin kurus. Bagi mereka yang bertubuh kegemukan, berpuasa mungkin adalah salah satu alternatif yang baik. Tapi bagi mereka yang sudah merasa kurus, bisa jadi malah berpengaruh sampai ke otak dan pikiran mereka.
Lebih dari itu, banyak fenomena dijumpai di lapangan menunjukkan kondisi mental yang menjadi kurang stabil atau fisik yang melemah selama berpuasa, dan berdampak pada turunnya produktifitas. Misalnya saja merasa malas, cepat naik darah, atau merasa kurang bertenaga.

Otak dan Pikiran yang Lebih Jernih dengan Berpuasa
Ilmu medis menghadapi keterbatasan yang luar biasa terkait dengan peningkatan dan penyembuhan fungsi otak dan pikiran. Sementara itu, obat kimia, resep, dan treatment yang tidak bijaksana dapat memunculkan efek samping yang membahayakan otak dan pikiran.
Dunia ternyata, membutuhkan sebuah intervensi yang sangat mendasar dalam rangka meningkatkan kualitas dan menyembuhkan penyakit otak dan pikiran; yaitu berpuasa.

Pertanyaan: Yang manakah yang terjadi pada diri kita saat kita berpuasa?

Jika yang terjadi adalah fenomena yang pertama, maka BERSYUKURLAH! Bersyukurlah kita telah termotivasi dengan benar oleh ilmu dan pengetahuan.
Jika yang terjadi adalah fenomena yang kedua, maka ketahuilah bahwa berpuasa adalah KESEMPATAN! Kesempatan, karena tidak segala hal bisa dimotivasi oleh akal, oleh ilmu pengetahuan, oleh para motivator, atau oleh para pakar. Berpuasa adalah kesempatan emas untuk termotivasi oleh motivator utama kita, yaitu Tuhan, kitab suci, dan petuah Nabi. Kemudian, dengan motivasi itu kita mendemonstrasikan keimanan dengan fisik yang lemah dan dengan pikiran yang bolot, tapi tajam dan mendalam; Pikiran yang siap mendengar Firman-Nya.
Pro atau kontra, berpuasa adalah kesempatan emas untuk menaik-kelaskan otak dan pikiran. Syukur Alhamdulillah, jika akhirnya berpuasa bahkan berhasil menaikkan ketaqwaan. Aamiin.

USAHAKAN AGAR KUAT BERPUASA SELAMA 1 BULAN ,semoga bermanfaat.Maaf kalo thread gw repost lol!

____________________________________

A.S.U :Aku Selau Untukmu lol!
afro s word s word v word afro
Kembali Ke Atas Go down
Iqbal Rizki Elyazar
SsV Donatur
SsV Donatur
avatar

Jumlah posting : 56
Alpukat : 11000111
Join date : 15.01.11
Age : 22
Lokasi : Bogor,di atas tanah

PostSubyek: Re: Tips Puasa Bulan Ramadhan   Wed Jul 20, 2011 5:36 pm

maaf gambar buatan gw masih newbie photoshop,buat yang udah dewa photoshop jangan pelit bagi info....

____________________________________

A.S.U :Aku Selau Untukmu lol!
afro s word s word v word afro
Kembali Ke Atas Go down
 
Tips Puasa Bulan Ramadhan
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
SsV World :: My World :: SsV Lounge-
Navigasi: